BELAJAR PIANO SECARA OTODIDAK

BELAJAR PIANO SECARA OTODIDAK
Hasil gambar untuk piano
Piano adalah salah satu alat musik populer yang banyak dimainkan oleh banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin mahir bermain piano? Akan ada kebanggan tersendiri jika kita berhasil menguasai teknik bermain piano yang baik dan benar. Kalian tidak harus mengikuti les musik untuk belajar piano. Kalian dapat belajar sendiri atau otodidak. Berikut hal yang harus kalian perhatikan dalam belajar piano secara otodidak :

1. Belajar Mengasah Kemampuan Telinga
Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa menguasai piano dengan baik adalah dengan mengasah kemapuan telinga. Dimana kamu harus memahami dengan baik alat musik tersebut. Piano sendiri merupakan alat musik yang memiliki 88 buah tuts yang memiliki jenis suara autentik yang dihasilkan oleh getaran senar. Pahami terlebih dahulu piano yang akan kalian mainkan tersebut.
Apakah piano yang akan kamu mainkan tersebut piano modern atau piano kuno
Gunakan keyboard terlebih dahulu jika masih sangat sulit menggunakan piano
Jangan lupa bahwa ada jenis keyboard yang memang di desain untuk para pemula dan ini akan memudahkan kamu untuk mempelajari cara bermain.
Jangan ragu untuk sering melihat video musik yang menyajikan tutorial bermain piano yang style bermainnya sangat cocok untuk kamu.
Jangan lupa untuk bertanya pada teman maupun senior yang telah lebih dahulu bermain piano dan ikutlah dengan bergam forum yang akan mendiskusikan segala hal tentng belajar piano tersebut.
Latih permainan jari dengan alat musik sederhana seperti pianika agar kamu terbiasa.

2. Memahami Dasar Bermain Pian
kunci dasar piano
kunci dasar piano
Pelajari dulu nada-nada dasar pada tuts piano sebelum mulai memainkannya. Sebelum memulai, cobalah cari posisi yang pas untuk mulai bermain. Kenali beberapa nada dasar seperti :

Nada tengah
Nada datar atau bagian sebelah kiri
Nada tajam berupa tuts sebelah kanan
Nada bas
Nada tinggi
Dengarkan dengan baik dan rasakan bagaimana nada pada tuts piano saat dimainkan. Carilah dimana perbedaannya dan fahami kapan kamu harus menggunakan nada-nada tersebut. Latih terus kepekaan pendengaran dan permainan jemari dalam bermain piano.

Nada dasar major kunci C=do pada piano adalah seperti :

1 = C
2 =D
3 = E
4 = F
5 = G
6 = A
7 = B
8 = C
Susunan tangga nada tersebut adalah tangga nada major, yang harus diketahui adalah mi(3) ke fa(4) adalah 1/2 nada sama dengan la(B) ke (C)do pada nada tinggi. Latih kelincahan jari kamu dalam bermain piano seperti pada video ini :


Disarankan untuk bergumam saat anda menghafal sebuah nada ini akan memudahkan anda menyesuaikan pola nada yang akan dimainkan. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa piano memiliki 88 tuts. Dimana nada alami yang dihasilkan oleh tuts putih dan tuts hitam untuk bermain nada kromatis.

2 Hal dasar yang harus diperhatikan adalah :

tuts natural berjumlah 7 yaitu : C, D, E, F, G, A, B
tuts accidental ada 5 di setiap oktaf
Pelajari terlebih dahulu nada dasar tanpa perlu menggunakan tuts hitam agar kamu lancar bermain secara otodidak dan bisa mengenali dasar bermain piano. Coba mainkan lagu yang mudah dan seimbangkan tempo dan dasar lagu yang akan dimainkan. Tuts hitam pada piano adalah nada # atau bisa dibilang 1/2 nada, jika kamu memainkan nada C pada piano maka tuts hitam disebelahnya adalah C#.

3. Mengatur Posisi Duduk

 cara duduk saat bermain piano
cara duduk saat bermain piano
Disengaja atau tidak, dalam hal dasar bermain piano sangat dipengaruhi oleh bagaimana atau pengaturan dari posisi duduk. Dimana ada beberapa jenis posisi duduk dalam bermain piano, ada yang menggunakan posisi duduk tegak, ada juga yang menggunakan posisi duduk membungkuk, bahkan ada juga yang menjauhkan badan dengan letak piano mereka. Coba posisi tersebut dan pilih yang membuat kamu nyaman dalam memainkan piano. Usahakan  mendapatkan posisi yang membuat rileks dan tidak membuat tubuh mudah capek, pegal saat berlatih bermain piano.

4. Posisi Tangan

posisi tangan ketika bermain piano
posisi tangan
Tidak hanya posisi duduk yang akan mepengaruhi belajar piano, posisi tangan saat memegang tuts juga akan mempengaruhi proses bermain piano. Posisi tangan berpengaruh pada saat kamu berpindah kunci atau nada, jika dilakukan dengan benar maka memainkan melodi lagu sesulit apapun akan mudah dilakukan.

Posisi tangan yang bagus dan disarankan ketika belajar bermain piano adalah meletakan jemari secara baik di atas tuts namun tidak terlalu tegang dan tidak terlalu rapat. Namun, bukan berarti jemari kamu harus lunglai atau lemas, tapi buatlah senyaman dan serileks mungkin. Karena jika tidak akan menyulitkan ketika belajar scale atau yang umum dinamakan latihan jari. Belajar posisi tangan bisa kamu coba sambil memainkan tuts pada kunci major, do, re, mi, fa, sol, la, si, do secara teratur.

5. Mengatur Posisi Lengan

Kamu juga harus tahu bahwa posisi dari lengan saat bermain piano akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh piano dan juga akan mepengaruhi kecepatan saat bermain piano tersebut? Inilah mengapa kamu harus menemukan posisi yang tepat dimana tidak mengeluarkan tenaga ekstra saat bermain piano. Karena piano adalah alat musik yang membutuhkan penekanan pada jemari bukan pada pergelangan tangan. Akan sangat sulit belajar teknik yang pas jika nantinya yang bertitik berat dalam permainan adalah lengan bukan jemari.

6. Belajar Membaca Not Balok

Walaupun sebenarnya memahami not balok tidak harus selalu dilakukan oleh para pemula dalam menguasai piano. Ketika kamu sudah mempelajari not balok maka akan lebih memahami dan mengerti susunan nada dan melodi musik yang dimainkan.


Kamu akan terlatih untuk lebih seimbang dan fokus ketika memahami pelajaran dari not balok tersebut. Setelah memahami not balok kamu bisa tahu susunan nada yang tepat untuk menghasilkan melodi lagu yang benar. Memahami not balok sama halnya dengan belajar scale sebuah nada yang terdiri dari tangga nada major, minor, kunci 7 dan lain sebagainya. Inilah mengapa sangat disarankan memahami not balok bagi pemula.

Berikut beberapa tips tambahan yang berguna dalam mempelajari piano:

Jangan memainkan pedal menggunakan kaki ketika masih baru belajar bermain piano
Coba menggunakan metode transpose atau metode dalam mengubah nada ketika kamu merasa kesulitan dalam belajar menemukan nada yang pas untuk belajar.
Gunakan tangan kanan kamu terlebih dahulu untuk memainkan melodi untuk belajar pertama kalinya jangan langsung menggunakan kedua tangan.
Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan video tutorial maupun buku panduan belajar, karena sekarang teknologi sudah canggih.
Gunakan posisi tubuh yang benar dan baik ketika memulai belajar bermain piano.
Mainkan dengan gerakan jari terbaik agar tidak kaku saat belajar bermain pinao.
Kenali kunci dasar Major dan Minor saat kamu saat bermain seperti C, Dm, Am, G dan C
Jangan kaku saat bermain piano.
Berlatih dari awal dan jangan terburu-buru jangan memaksakan diri, dan latihlah dengan baik dan benar.

Tadi adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk belajar piano secara otodidak. Selamat mecoba :)

Comments

Popular Posts